Home » , , » Belajar Menggambar Vector Wajah (Bukan Tutorial)

Belajar Menggambar Vector Wajah (Bukan Tutorial)

“Apik sempurnah”, itulah kata Mas Ndop tentang karya vektor saya yang di aplud di pesbuk. Mas Ndop ini adalah seorang blogger yang menjual jasa pembuatan gambar vektor  dan menamai dirinya “Sang Vectoria Jenaka”, senang menggunakan kalimat-kalimat alay dalam tulisan di blognya maupun komentar-komentarnya di pesbuk. Selama belajar mengubah gambar bitmap menjadi gambar vector, saya banyak mengintip tutorial di blognya Mas Ndop dan nonton video tutorial di youtubenya, finally hari ini Mas Ndop mengapresiasi  karya saya yang merupakan gambar vektor ke empat yang saya buat selama belajar.

Oh iya, mungkin ada yang belum tahu gambar vektor itu apaan?. Nah, gambar vektor itu menurut yang saya baca adalah gambar yang dibentuk dari unsur garis dan kurva dimana kumpulan dari beberapa garis dan kurva ini akan membentuk gambar, wuiihh… teorinya mantappp. Kalau gambar bitmap diperbesar beberapa persen dari ukuran aslinya, maka semakin besar gambar semakin kabur (pecah) hasilnya. Sedangkan gambar vektor tidak tergantung dari resolusi, kita dapat memperbesar atau memperkecil gambar sesuka hati tanpa kehilangan detail gambar, tetap kinclong meski sebesar apapun gambarnya. Begitu pula soal ukuran file, diperbesar atau diperkecilpun tidak akan mempengaruhi ukuran file. Ada beberapa software yang bisa digunakan untuk membuat gambar vector antara lain CorelDRAW, Macromedia Freehand, Adobe Illustrator dll. Bahkan ada beberapa software yang bisa langsung mengubah gambar bitmap menjadi vektor hanya dengan beberapa sentuhan, tapi hasilnya tidak sebagus jika digambar manual dengan software-software di atas. Sudah jelas bukan??

Sekarang ceritanya kita lanjut. Awalnya saya sempat ingin mengirim foto saya untuk diubah menjadi gambar vektor kartun oleh Mas Ndop agar wajah saya terlihat lebih ganteng hehehee, tapi dipikir-pikir kenapa saya tidak coba belajar bikin sendiri saja, saya kan begini-begini ada dasar CorelDRAW. Lagian kalau pesan sama Mas Ndop kudu keluar duit lagi, petaakk.  Nah, dari situlah beberapa bulan lalu saya mencoba belajar bikin gambar vector sendiri dengan membuka-buka tutorialnya Mas Ndop. Hingga sekarang saya baru menghasilkan empat gambar vector, dan di karya ke empat saya inilah saya mendapat komentar “Apik Sempurnah” dari Sang Master Vector “Mas Ndop”. Saya yakin kawan-kawan tidak tertarik melihat hasil karya saya, tapi tetap saya kasih nih…..



8 komentar:

  1. huahhaahhahha... saya disebut sebut banyak sekali di postingan ini.. *berasa artis* *langsung cuci muka pakek biyore mens sekrup, eh sekrab*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaaha... iya mas, situ kan guru saya meskipun cuma nyuri2 ilmu dari blognya hehehee

      Hapus
  2. wah.. udah komersil belum nih mas ;)

    BalasHapus
  3. Wah postingannya bagus. Menarik sekali gan . Thanks =))



    Mampir ya gan ke blog ku, ada posting tentang Tutorial membuat Vector lho. Datang yaaa =))

    Bamudar

    BalasHapus
  4. Terima kasih atas blogpostnya.
    Saya lagi coba nih,, moga2 habis ini bisa belajar menggambar percobaan untuk header blog.
    Salam kenal.

    BalasHapus