Home » , » Tiga Hari dalam Kepanikan, Akhirnya Ladewa Dot Com Kembali Normal

Tiga Hari dalam Kepanikan, Akhirnya Ladewa Dot Com Kembali Normal

Ndak kenal pagi, siang, sore hingga malam hari, setiap ada waktu mesti saya sempatkan online, entah di warnet atau via modem lemotku. Itu terjadi lebih kurang tiga hari kemarin saat Ladewa Dot Com ndak bisa diakses, panik bukan main.

Pada saat pertama saat coba membuka Ladewa dot Com tapi ndak bisa, saya pikir hanya gangguan koneksi saja dan hal seperti ini memang biasa terjadi, tapi setelah beberapa kali saya coba belum bisa juga, saya mulai merasa ada yang tidak beres. Mulailah saya cari-cari informasi apa sebenarnya yang terjadi, tapi dasar blogger amatir, butuh waktu tiga hari untuk tahu penyebabnya.

Kemarin saya jalan-jalan ke warnet teman, namanya Ridho, seorang blogger juga. Kebetulan saya beli domain Ladewa dot Com atas rekomendasinya di tempat dia beli domain juga, mungkin saja dia tahu apa yang terjadi dengan blog saya. Setibanya di sana, eh malah dia nanya duluan, “gimana blognya bro, udah ketemu masalahnya?”, lho kok dia tahu blogku bermasalah. Dia kemudian mengatakan bahwa sebenarnya dia juga mengalami masalah yang sama, hanya saja dia lebih dulu ketemu sumber masalahnya.

Ternyata masalahnya sangat sederhana, sebagai blogger yang memakai layanan blogspot.com dengan menggunakan custom domain dan fasilitas gratis DNS (Domain Name Server) dari dnspark.net, ada perubahan name server yang diberitahu melalui e-mail user. Celakanya beberapa hari yang lalu saya sempat buka e-mail tapi ndak sempat baca semua, habis itu karena saya anggap semua ndak begitu penting saya hapus saja, padahal di situ ternyata ada pemberitahuan dari dnspark kalau pengguna DNS gratisan harus mengupdate name servernya dari yang semula seperti ini : ns1.dnspark.net, ns2.dnspark.net, ns3.dnspark.net, ns4.dnspark.net, ns5.dnspark.net diganti menjadi : fns1.dnspark.net dan fns2.dnspark.net. Sangat sederhana bukan? Hehee, ini sekalian pemberitahuan kalau ada diantara sobat yang mengalami masalah yang sama.

Alhamdulillah, Ladewa dot Com sudah kembali normal, sekarang saya sudah tenang dan mulai bergairah kembali menulis hal-hal sederhana dan tidak penting di blog amatiran saya ini. Walaupun blognya ngalor ngidul bin amburadul, tapi saya sangat sayang Ladewa dot Com ini, sebagai media tempat menumpahkan keluh kesah saya dan wadah berbagi suka dan duka dengan sobat-sobat yang nyasar kesini, baik yang sengaja berkunjung maupun yang betul-betul nyasar.

10 komentar:

  1. selamat deh...dan tambah semangat

    BalasHapus
  2. wah selamat sudah melewati kekawatiran yang mendalam hehe...semoga semakin bersemangat berbagi dan berkarya
    Sukses Slalu!

    BalasHapus
  3. wah, selamat atas kembali normalnya akses blog ladewa.com. memang bikin bete kalau blog ndak bisa diakses. semoga ke depannya makin normal dan lancar.

    BalasHapus
  4. bagus deh blognya dah bisa diakses lagi

    BalasHapus
  5. selamat gan dah ketemu sumber masalahny.... hha.... repot jg ya kalo seumpama blog ditinggal berbulan2, trus kyk gni..... :D

    BalasHapus
  6. ohoho lain kali harus teliti hehe, bbtw salam kenal :)

    BalasHapus
  7. hihihihi.,. ampe bisa kehapus gitu email itunya..

    BalasHapus
  8. emang biar apa kok lewat dnspark aegala. aku kok cuman beli domain trus belokcepotnya diarahin kesana, gitu doang ga ribet. di tempat beli domain cuman nambahin cname yang diarahin ke ghs.google.com
    ada kelebihannya ga kalo pake dnspark? kalo ada aku ngikut yah, tapi ajarin. hihihi

    BalasHapus
  9. selamat ya udah kembali normal lagi sob....

    Thx juga utk dah ingetin update blog :p hampir lupa kalau punya blog yg mesti di update

    BalasHapus
  10. normalnya akses blog ladewa.com. memang bikin bete kalau blog ndak bisa diakses. semoga ke depannya makin normal dan lancar.

    BalasHapus