Home » » Pro Kontra Tayangan Infotainment

Pro Kontra Tayangan Infotainment

Apa pendapatmu tentang infotainment? Kalau saya pribadi infotainment itu tontonan paling memuakkan, tontonan yang tidak bermanfaat dan tidak ada unsur edukasinya sama sekali, malah yang ada hanya jualan fitnah dan aib orang lain.

Dipandang dari sisi apapun infotainment tetap saja bukan sajian yang pantas untuk ditonton, apalagi jam tayangnya yang tidak kenal waktu, mulai pagi, siang, sore, hingga malam hari. Anggota Komisi I DPR RI sepakat mendukung penuh upaya Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) untuk menyensor program infotainment stasiun-stasiun televisi untuk menghindari pelanggaran etika, agama, moral, budaya, dan sosial dalam penayangannya. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), KPI, dan Dewan Pers, terpaksa mengambil kesepakatan itu untuk menghindari maraknya program infotainment yang merusak moral anak bangsa. Malah terkesan oleh beberapa pihak, ada tayangan yang seperti hasil rekayasa semata, atau hanya untuk mengejar target-target komersial tertentu, karena tidak bisa dipungkiri infotainment merupakan salah satu lahan penghasilan stasiun-stasiun tivi terbesar karena memiliki ranking yang tinggi di antara program-program lainnya.

Ada beberapa pihak yang mengusulkan agar program infotainment harus melalui lembaga sensor film. Ini dilakukan untuk menjaga agar program infotainment tidak melanggar hal-hal yang sudah diatur oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) disamping karena program tersebut sudah mendapat berbagai macam protes keras dari masyarakat belakangan ini. Komisi Penyiaran Indonesia menyatakan kebijakan menempatkan infotainment sebagai nonfaktual alias bukan pers sudah mengikat. Soalnya, kebijakan itu diambil dalam rapat kerja dengan Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Pers. Sebagai tayangan nonfactual, infotainment nantinya masuk kategori hiburan. Kalau hiburan, nanti harus melalui sensor tapi bukan KPI yang melakukan, melainkan Lembaga Sensor Film.

Dari data pengaduan masyarakat ke Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) hampir sepertiga (32,18 persen) pengaduan kepada tayangan infotainment. Jumlah tersebut mencakup sekitar 200 dari total 637 pengaduan hingga bulan Juni 2010.

Memang usulan untuk menyensor tayangan infotainment ini masih menjadi pro kontra di tengah-tengah masyarakat, karena tentu saja dari tayangan infotainment ada pihak yang mendapatkan keuntungan, seperti pihak stasiun tivi, artis yang baru menapaki karir yang tentu butuh media untuk mempublikasikan diri, tetapi apapun itu tontonan ini tetap kurang bahkan tidak bermanfaat sama sekali untuk dikonsumsi publik. Lihat saja berita-berita yang ditayangkan infotainment, yang ada hanya berita perceraian, perselingkuhan, kasus video mesum yang ujung-ujungnya hanya mengekspos aib seseorang. Jadi dimana manfaatnya untuk masyarakat menurut anda?

7 komentar:

  1. setujuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu

    BalasHapus
  2. heheee... semangat banget bro, tapi setuju apanya nih?

    BalasHapus
  3. Asslm,,,,

    Kunjungan Balik nih Sob,
    Thanks ya udah Berkunjung ke Rumahku...hehehe
    Rumahnya (Blognya...red) tambah oke aja,
    Gak bosen deh saya sempatkan untuk Datang ke Sini lagi..!!

    Sob saya punya Blog baru nih,
    Sempatkan untuk berkunjung ya, ini Rumah Baruku...
    http://obatjerawatalami.blogspot.com
    http://bajumuslimmuslimah.blogspot.com
    http://pakaianbajupengantin.blogspot.com


    Salam Blogger, Sukses Menjalin Silaturahmi....


    Wassalm,,,,

    BalasHapus
  4. setujuu bangeet,,,,
    :D

    infotement skearang udah mulai agak giamana gituuuuuu

    BalasHapus
  5. baguslah kalo infotainmentnya disensor dulu.. skalian sinetron g jelas juga dong, ganti sama tayangan yg lebih bermanfaat dan mendidik =.=

    BalasHapus
  6. sy setuju ttg infotainment yg terlalu melebih2kan...
    Pada dasarnya infotainment hanyalah acara gosip yg kadang2 hanyalah menduga-duga bahkan sama skali g bener...
    Mungkin ada bagusnya cara penyampaian informasinya yg diubah... Menyampaikan kejadian yg sebenarnya ttg para artis, tapi bukan hal yg menyangkut privasi artis tersebut.. dan lebih difokuskan kepada karya para artis.
    karena sy yakin masih banyak org yg ingin tau info ttg idola mereka... heeee :lol:

    salam kenal ^^v

    BalasHapus
  7. gosip kan cuma tontonan ga penting plus ga ada manfaatnya. Cuma bikin kuping panas n bikin hari tambah gerah aja.

    BalasHapus