Home » , » Hal-hal yang Diperbolehkan dan Dilarang dalam Proses SEO

Hal-hal yang Diperbolehkan dan Dilarang dalam Proses SEO

Para blogger mempunyai berbagai macam cara dalam melakukan optimasi blog, namun tidak semua cara bisa ditolerir oleh search engine dalam proses SEO ini. Dari berbagai sumber atau referensi saya dalam belajar SEO saya coba simpulkan hal-hal yang diperbolehkan dan dilarang dalam melakukan proses SEO, sebagai berikut :

Hal yang diperbolehkan dalam SEO :
  1. Membuat keyword (kata kunci) yang optimal di blog, namun harus hati-hati dalam arti jangan terlalu sering sehingga tidak enak dibaca, buatlah dengan intensitas yang terbatas agar tidak dianggap sebagai spamming.
  2. Memberikan link ke blog atau website lain khususnya yang relevan dengan blog kita.
  3. Memodifikasi meta tag
  4. Update konten secara teratur, khusus yang ini sebaiknya update minimal 2-3 kali seminggu. Kalau bisa lebih baiknya lagi satu artikel tiap hari, pengalaman saya saat blog belum sebulan saya membuat artikel setiap hari, tapi lama-lama mulai kewalahan. Tapi yang 2-3 kali seminggu masih bisa saya pertahankan sampai saat ini.
  5. Melakukan submit di situs atau layanan pihak ketiga.
  6. Kalau masih kurang, silahkan tambahkan tipsnya di bawah heheee…….
Hal yang dilarang dalam proses SEO :
  1. Melakukan register/submission secara berulangkali di search engine untuk memaksa search engine mendeteksi blog kita.
  2. Berusaha mengalakali search engine dengan menggunakan kata kunci tersembunyi, hati-hati blog sobat bisa dibanned google lho kalau ketahuan.
  3. Membuat link buatan dari situs yang tak berkaitan dengan situs sobat yang bertujuan meningkatkan ranking. Ini biasa dilakukan spammer (cailah, sok british…) yang bisa membuat ratusan atau bahkan ribuan link dalam waktu singkat menggunakan berbagai macam cara. Kalau cara ini dalam bahasa blogger (sorry ya istilah british lagi nih…) biasa disebut link farm.
  4. Sepertinya masih banyak yang kurang, silahkan tambahkan di komentar…..
Dari kesimpulan versi blogger amatiran di atas, silahkan pilih. Mau pake cara halal (diperbolehkan) atau yang dilarang, tapi resiko tanggung sendiri. Intinya bersabar saja menikmati proses SEO, pelan-pelan saja dan jangan terburu-buru karena kata orang umur domain juga mempengaruhi popularitas blog kita di mata search engine, asalkan rajin update blog dan domain sudah cukup umur saya yakin semuanya akan happy ending. So, mari kita nikmati saja Proses SEO berjalan apa adanya.

2 komentar:

  1. Ya …. selamat menunaikan ibadah Puasa Ramadhan 1429 H
    bagi yang melaksanakannya ………….. semoga Puasa ini lebih baik dari yang sebelum-sebelumnya

    BalasHapus