Home » » Ulang Tahun dan Nasu Palekko Itik

Ulang Tahun dan Nasu Palekko Itik

Nasu Palekko Itik? Bahasa apa tuh, bahasa planet?... Bagi sobat-sobat bahasa ini mungkin terdengar aneh dan asing di kuping, tapi bagi orang Bugis-Makassar begitu mendengar phrase ini bakal langsung lapar bin ngiler.. (nyam…nyam…mmmm). Iya, “Nasu Palekko Itik” itu adalah salah satu makanan khas masyarakat Bugis (salah satu suku di Sulawesi Selatan) yang sangat digemari. Dari kata terakhirnya ‘itik’ sudah bisa diduga kalau masakan ini berbahan dasar itik, dicampur bermacam-macam rempah dan paling asyik jika dimasak dengan cabe atau merica yang banyak (mmmm, jadi ngiler nih). Tapi disini saya tidak akan membicarakan resep dan cara membuat “Nasu Palekko Itik” ini, soalnya saya juga nggak tahu lagipula saya kan cowok!, kan nggak macho kalau cowok ngomongin masalah resep masakan huehehee….  

Trus ada apa dengan “Nasu Palekko Itik”??, ini saya cuma mau cerita tentang pengalaman kemarin, mumpung sekarang lagi hujan jadi nggak bisa kemana-mana tapi inspirasi lagi buntu karena nggak ada ide buat menulis, akhirnya saya posting saja “Ulang Tahun dan Nasu Palekko Itik” ini, kan bisa nambah-nambah pengetahuan sobat soal ragam budaya di Indonesia salah satunya ya masakan khas Bugis Nasu Palekko Itik ini. Kemarin malam itu istriku tiba-tiba nanya “Kak, besok mau makan apa?”, heran juga kok tiba-tiba dia nanya gitu, biasanya juga kalau siang makan di kantin kantor kadang bareng kadang tidak, terus makan malam di rumah dengan lauk sederhana. Spontan saja kujawab “Apa sajalah”, dia kelihatan gusar sambil nanya lagi “Kakak lupa ya?”, “Lupa apaan?” tanyaku balik dengan perasaan tidak bersalah. “Besok kan saya ulang tahun” jawabnya makin gusar, UPPSSS….. Astaghfirullah, ulang tahun istri sendiri bisa lupa. Seperti biasa kalau keadaan seperti ini para suami mengeluarkan jurus “bujuk rayunya” hingga si istri kembali ke kondisi ‘normal’.

Singkat cerita kami berdua memutuskan makan berdua saja di rumah dengan menu “Nasu Palekko Itik Cita Rasa Bugis”, sory ya nggak ngundang-ngundang soalnya dana lagi terbatas jadinya hanya cukup buat dua porsi :p jadi nggak ada perayaan ulang tahun pakai balon, kado, acara nyanyi-nyanyi dan segala macam. Tapi meskipun dengan menu sederhana dan hanya dihadiri dua orang, tapi suasana ulang tahun istriku kali ini cukup romantis dan sangat berkesan, semoga kita terus langgeng ya sayang (lebay mode : on), dan saya pasti akan menjaga dan menyayangimu seperti istriku sendiri…nah lho??

1 komentar:

  1. Saya terdampar disini gegara search pake keyword palekko itik, kebetulan sabtu ini (24 des 11) mo ngumpul2 dg teman2 yg sebanyakan pendatang dr jawa, dan minta sy tuk masak yg khas.. Nahh dipilih lha palekko itik ini, ternyata oh ternyata ga ada resep toh hehehehe

    Tp gpp.. Salam kenal aj dr pencinta palekko itik juga :D

    BalasHapus