Home » » Saya Pilih Blogger Ketimbang Wordpress, Kamu?

Saya Pilih Blogger Ketimbang Wordpress, Kamu?

Blogger dan Wordpress adalah dua platform blogging terbesar dan paling populer di planet ini, masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Bagi kalangan pengguna Wordpress tentu saja mereka merasa Wordpress lebih unggul, begitupun dengan pemakai Blogger seperti saya pastilah Blogger yang lebih unggul, makanya di Ladewa Dot Com ini saya pake Blogger. Singkatnya membahas tentang mana yang lebih unggul antara Blogger dan Wordpress tak akan ada habisnya,

Diantara kelebihan Wordpress menurut mereka :
  1. Wordpress lebih SEO friendly alias lebih cepat terindeks Google
  2. Wordpress punya statistik sendiri untuk melacak traffik
  3. Tulisan-tulisan di Wordpress lebih bermutu karena penulis tidak terganggu konsentrasinya dengan utak-atik widget sebab Wordpress terbatas dalam penggunaan widget dari luar (ini khusus untuk Wordpress gratisan)
  4. Wordpress punya kemampuan menanggulangi spam dengan telah dilengkapi plugin anti spam
  5. Wordpress menyediakan banyak pilihan thema sehingga tampilan blog di Wordpress lebih menarik
  6. Bisa bikin halaman sendiri
  7. Wordpress punya software sendiri untuk diinstall ke domain dan hosting sendiri
  8. Dll
Blogger/Blogspot menurut saya :
  1. Masalah SEO ini sebenarnya tergantung dari pengguna juga bagaimana mengoptimalkan SEO blognya, dan alasan ini juga kurang terbukti saat melakukan pencarian di Google banyak kok blog Blogger yang nangkring di peringkat pertama atau halaman pertama, apalagi Blogger/Blogspot ini adalah milik Google.
  2. Tentang fitur stats di Wordpress kalau menurut saya itu justru memperberat loading karena menggunakan format flash, apalagi sekarang banyak situs yang menyediakan widget statistik free yang bisa digunakan di Blogger. Inilah kelebihan Blogger, bisa utak-atik widget seenak udel hanya dengan drag and drop elemen halaman, nggak tahu ya kalo di wordpress tapi kayaknya nggak bisa deh. :p
  3. Soal tulisan yang lebih bermutu itukan tergantung yang punya blog bagaimana kemampuan menulisnya, tidak ada hubungannya dengan widget, itu hanya alasan mereka untuk menghibur diri.
  4. Wordpress memang sudah menyediakan akismet untuk menanggulangi spam, tapi di Blogger juga bisa dengan moderasi komentar hanya saja harus dilakukan secara manual, tapi saya rasa itu tidak masalah.
  5. Kalau masalah pilihan thema yang banyak di Wordpress itu sudah tidak berlaku lagi, Blogger memang terbatas dalam pilihan thema tapi di Blogger yang baru sudah mengatasi hal ini dengan menambahkan fitur Perancang Template. Fitur ini termasuk lengkap karena bisa mengedit lebar, jumlah kolom, warna, background, huruf dan lain-lain. Tapi kalau tidak mau ribet di Blogger kan gampang ganti template dengan memakai template dari luar yang bisa di download dan upload sesuka hati, nggak kayak di Wordpress yang dibatasi (ini juga untuk Wordpress gratisan) kecuali kalau punya domain dan hosting sendiri.
  6. Di Blogger sekarang juga sudah bisa bikin halaman sendiri seperti di Ladewa Dot Com ini (lihat di sudut kanan atas)
  7. Blogger tidak punya softwarenya, tapi bisa menggunakan Blogspot sebagai hosting dengan menggunakan domain sendiri.
  8. Dll
Terus di Ladewa Dot Com ini apa alasan saya memilih Blogger ketimbang Wordpress? Diantara semua kelebihan dan kekurangan kedua platform di atas, alasan saya lebih ke point tujuh. Kalau di Wordpress punya domain sendiri berarti harus sewa hosting pula, di Blogger cukup beli domain saja dan hostingnya gratis di Blogspot. Harga hosting tergantung space dan bandwithnya, takutnya nanti kalau sewa hosting murah dengan bandwith terbatas bisa gawat karena target trafik saya minimal 1000 perhari!?!? (wekekekkk, namanya juga cita-cita), nah kalau hosting di Blogspot gak perlu mikirin space dan bandwith pake aja sepuas hati meskipun space untuk gambar dibatasi cuma 1 GB.

Kalau ada yang bilang saya pilih Blogger karena nggak ngerti Wordpress anda salah! setidaknya saya pernah dan masih menggunakan Wordpress di Asal Eksis, jadi nggak buta-buta amat soal Wordpress. Wah, tumben nih bisa nulis panjang kayak gini…. udahan dulu ah tulisan tentang saya pilih Blogger ketimbang Wordpres, kamu?...

4 komentar:

  1. kalo masih penasaran bikin aja subdomain atau subfolder untuk wordpress ;)

    R

    BalasHapus
  2. Saya udah punya blog wordpress sob tapi yang gratisan, bukannya itu yang namanya sub domain?

    BalasHapus
  3. kalu gue sih jelas wp.com :D juga make mesin wp.org untuk blog yg self hosted

    BalasHapus
  4. OK sob, saya juga rencana pake wp.org untuk blog baru saya ......

    BalasHapus