Home » » Apa Arti SEO dan Kenapa SEO itu Penting?

Apa Arti SEO dan Kenapa SEO itu Penting?

Pertama kali belajar bikin blog di Ladewa’s Library saya kan banyak cari tutorial blogging tuh, kok banyak ya blog-blog tutorial yang membicarakan masalah SEO?, apa sih SEO itu?, terus apa hubungannya SEO dengan blog, website atau internet. Nah, teman-teman yang baru atau newbie yang lain di dunia blog pasti banyak juga yang nanya gitu, bukan begitu bukan?.

Karena itu saya mulai tertarik membaca tentang SEO ini, dan akhirnya sudah sedikit mafhum alias mengenal yang namanya SEO tapi baru sedikit dan hanya sebatas pengertian dan arti SEO saja, kalau pengaplikasian belum :)

Meskipun begitu tak ada salahnya kan kalau saya sedikit berbagi tentang apa sih SEO itu? terutama buat para newbie seperti saya. Istilah SEO atau Search Engine Optimization merupakan sebuah teknik dan seni yang bertujuan membuat blog atau website kita berada di tempat teratas di mesin pencari, khususnya Google. Kenapa SEO penting dan mengapa sebuah blog wajib untuk diberi sentuhan SEO? Berikut beberapa hal yang penting terkait manfaat SEO untuk blog  :
  • Search engine merupakan tempat sebagian besar orang mencari sesuatu via internet. Kata survey (bukan orang lho) hampir 90% pengguna internet memakai search engine untuk mencari sesuatu di internet. Diantara search engine yang ada, Google adalah search engine yang paling banyak digunakan. Kata survey lagi nih, hampir 68% pengguna internet menggunakan Google sebagai search engine andalannya. Jadi dengan menempatkan blog kita di Google, kita tentu berharap pengunjung akan mendapatkan blog kita dari search engine.
  • Pengalaman saya dalam menggunakan mesin pencari, saya tidak pernah melewatkan dua halaman pertama dari mesin pencari, dan saya yakin sebagian besar pengguna internet juga begitu. Oleh karena itu, dengan menempatkan blog kita di halaman terdepan dari mesin pencari, kita akan mendapatkan pengunjung blog yang banyak.
  • Dengan menempatkan blog atau website kita di halaman utama search engine, sama saja seolah kita membangun toko di pinggir jalan raya di tengah kota. Dengan demikian, orang akan lebih mudah untuk mendapatkan blog kita.
SEO merupakan istilah yang sangat luas. Ada banyak aspek yang terlibat dalam optimasi search engine ini. Oleh karena itu, pembelajaran yang harus kita lakukan juga sangat luas, yaitu mulai dari bagaimana cara kerja search engine (konon tiap search engine memiliki cara kerja yang berbeda-beda) hingga bagaimana mendesain blog yang baik. Oleh karena itu, kita perlu banyak belajar mengenai SEO, tetapi tidak harus tahu semuanya untuk memulai. Mulailah sedikit demi sedikit dari yang kita tahu saja dahulu, seperti blog saya ini, heheee…

1 komentar:

  1. yang pertamaxx ya....
    artikelnya mantap, sebetulnya untuk belajar SEO gampaaang.....tapi mempraktekkannya yang susssaahh...
    yah....kunci belajar SEO harus dipraktekkan, dan untuk mempraktekkan ilmu SEO harus kerja keras ... kerja keras... dan kerja keras.
    salah satu cara untuk mempraktekkan dan menguji ilmu SEO yang sudah kita pelajari adalah dengan mengikuti Kontes SEO, jangan mengharapkan menang tapi ambil pengalamannya.
    kita akan tau apa itu SEO setelah kita mempraktekkannya.

    salam.

    BalasHapus