Bapak Pulang Haji



Ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang diwajibkan bagi setiap Muslim jika mampu menunaikannya dan tentu saja menjadi cita-cita mulia yang diidamkan setiap Muslim. Bahkan bagi sebagian orang memiliki gelar Haji/Hajjah dianggap mampu menaikkan derajat sosial di lingkungannya (Naudzubillah min zalik).

Sedikit cerita nih, di daerah saya ada sekumpulan ibu-ibu hajjah yang membentuk komunitas sendiri. Jika salah satu di antara mereka menggelar acara walimahan bahkan syukuran kecil-kecilan sekalipun maka ibu-ibu yang tergabung di komunitas ini berkumpul dengan kostum hajjah dan segala pernak-pernik menterengnya. Jangan pernah membayangkan kostum hajjah yang saya maksud seperti jilbab atau pakaian muslimah pada umumnya, tapi kostum mereka sungguh tidak menunjukkan identitas muslim seperti yang seharusnya. Di komunitas ini juga digelar arisan yang dikenal dengan istilah “Arisan Haji”. Itu sekedar gambaran singkat saja karena yang mau saya tulis disini tentang Bapak Pulang Haji, kalau mau selengkapnya nanti saya kumpulin bahan dulu sekaligus foto tindak-tanduk komunitas ini yang komplit…plit. Tapi kalau maksa juga mau tahu sekarang, ini saya kasih link yang juga sedikit cerita tentang Hajjah Gaul ini, langsung saja klik Ladewa’s Library.

  OK, kembali ke topik. Musim haji tahun ini adalah momen paling menyenangkan bagi Bapak. Bagaimana tidak, setelah usia beliau menginjak angka 74, cita-citanya menunaikan ibadah haji baru terlaksana.


Bapak dulunya adalah seorang guru SD yang sudah pasti kehidupannya sangat sederhana (baca : susah). Kita pasti sudah maklum kalau penghasilan guru pada saat itu amat sangat kecil, sehingga bermimpi untuk naik hajipun tak akan sanggup, makan sehari-hari saja susahnya minta ampun. Tapi Bapak adalah sosok pria tangguh yang selalu optimis akan masa depan, tokoh panutan dan idola bagi kami anak-anaknya. Meski hidup sederhana, namun Bapak selalu mensyukuri keadaannya, menikmati kehidupannya bersama tujuh orang anak yang patuh dan seorang istri yang sabar dan setia.

Mengandalkan gaji sebagai guru SD Bapak menyekolahkan kami anak-anaknya, karena baginya selain pendidikan agama, pendidikan formal adalah jalan yang paling masuk akal agar kelak anak-anaknya tidak hidup terlantar. Masih sangat jelas pesan Bapak dan Ibu saat kami masih kecil “jika kalian tidak sekolah maka kalian tidak akan mendapatkan apa-apa dari kami, karena kami tidak punya harta, tanah dll untuk menjadi warisan kalian, maka sekolahlah setinggi-tingginya karena hanya itulah warisan kami untuk kalian”. Kata-kata itulah yang selalu menjadi motivasi hingga kami semua mendapatkan warisan yang bernama “SARJANA”, kecuali adik bungsu kami yang masih menjalani pendidikan es-satu nya.

Sejak masa kerja Bapak kadaluwarsa alias pensiun hampir dua puluh tahun silam hingga sekarang, beliau menghabiskan waktunya menjadi Imam Masjid sambil menanti hasil kerja kerasnya dari anak-anak yang sudah mendapat warisan “SARJANA” agar impiannya untuk naik haji dapat terlaksana. Alhamdulillah, tahun ini cita-cita sederhananya sudah tercapai, namun sayang sang istri tercinta yang sabar dan setia mendampingi puluhan tahun hidupnya, wanita paling tangguh seluruh dunia di mata kami anak-anaknya, tidak bisa menemani beliau menikmati ibadah di tanah suci. Ibunda sudah lebih dulu menghadap ke pangkuan-Nya sekitar setahun silam (doa kami selalu bersamamu), namun beliau pasti tersenyum di alam sana melihat Bapak pulang haji yang Insya Allah menjadi haji mabrur dan kembali ke kampung halaman untuk mendampingi, membimbing dan menikmati hidupnya bersama anak-anak dan cucu-cucunya. “Selamat Datang Bapak…………..!!!”

Menjadi Kameramen Amatir

Beberapa bulan terakhir ini saya sibuk syut sana syut sini di acara keluarga. Iya, saya mendadak jadi kameramen amatir sekaligus editornya hehee. Semuanya bermula saat di rumah ada acara “Mappettu Ada” (Bahasa Bugis) yang kalau diindonesiakan artinya musyawarah antara dua keluarga mempelai untuk menentukan waktu, tempat dan segala macam yang berhubungan dengan rencana pernikahan. Atas inisiatif sendiri saya coba-coba abadikan dengan handycam pinjaman dari kantor dan editnya pake software Windows Movie Maker bawaan windows dengan laptop kerja sang istri tercinta yang juga punya kantor.  Belum perlu software tinggi-tinggi, namanya juga masih amatiran.

Saat hasilnya ditonton keluarga, eeh langsung deh dapat pesanan bertubi-tubi (kalo gini sepertinya berikut mesti pake tarif nih…). Tapi gak apa-apa, sambil mengasah bakat terpendam sekalian menyenangkan keluarga. Mulai saat itu setiap ada hajatan keluarga pasti deh disitu ada syuting, bukan hanya di acara keluarga saja, di kantor  saat ada kegiatan penting seperti rapat, kunjungan ke daerah lain sampai acara rekreasipun semuanya diabadikan.

Ketika tiba masanya untuk mengedit film yang filenya sudah bertumpuk di laptop, yaaa.. laptopnya macet, kata tukang servicenya yang rusak mainboard, terlantar deh filmnya gak jadi-jadi.

Tapi Alhamdulillah, beberapa hari yang lalu saya dapat jatah laptop dari kantor, jadi semangat lagi deh syut sana syut sini. Ehh.. ada gak yang tahu software yang bagus buat edit film, sekarang ini saya masih pake Ulead Video Studio 11 karena gak terlalu berat, soalnya laptopnya standar jadi kalau software yang berat-berat suka lama bahkan hang. Ah, sudah dulu ah postingnya, mau lanjutin edit film dulu…….

Mohon Maaf bagi Komentator, Moderasi Komentar Saya Aktifkan

Senang rasanya jika setiap mengecek blog dan menjumpai banyak komentar pada setiap artikel, tapi setelah diteliti ternyata kebanyakan dari komentar tersebut berupa spam. Sejak awal blog ini dibuat yaitu sekitar bulan Juni 2010 aktivasi komentar saya non aktifkan dengan tujuan agar pengunjung merasa nyaman memberikan komentar pada artikel, namun sayang karena Blogger belum menyediakan fasilitas anti spam (baru-baru ini sih sudah diluncurkan tapi hasilnya masih kurang memuaskan) sehingga blog saya kebanjiran ratusan komentar spam yang sangat mengganggu karena komentar sama sekali tidak relevan dengan artikel.

Menghapus spam satu persatu secara manual menjadi pekerjaan baru saya akhir-akhir ini, hingga waktu luang yang seharusnya dimanfaatkan untuk menulis artikel terbuang percuma hanya untuk mengurusi spam yang harus dicek satu persatu.

Jadi buat kawan-kawan blogger yang kebetulan nyasar di blog amatiran ini dan ingin meninggalkan komentar, saya mohon maaf karena komentarnya harus saya moderasi dulu sebelum diterbitkan. Tapi saya janji setiap komentar yang ditinggalkan akan tetap diterbitkan jika berhubungan dengan artikel terkait. Terima kasih ya brada and sista, jangan bosan-bosan berkunjung dimari...heheeee, Salam blogger dah.....!!

Peringatan HUT Sulsel, PNS Berpakaian Adat Bugis

Tanggal 19 Oktober kemarin jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Sidenreng Rappang menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Provinsi Sulawesi Selatan ke-341 di halaman Kantor Bupati Kabupaten Sidrap. Peringatan Hari Ulang Tahun Sulsel tahun ini terkesan lain dari biasanya karena mulai pejabat hingga staf Pemerintah Daerah diwajibkan mengenakan pakaian adat Sulsel, pria mengenakan jas tutup lengkap dengan songkok to bone khas bugis dan pegawai perempuan mengenakan baju bodo yang juga merupakan pakaian adat bugis.

Tulisan ini tidak akan membahas tentang suasana peringatan HUT Sulsel di Kabupaten Sidrap, tetapi hanya mau menampilkan foto-foto narsis para staf yang sempat berpose ria usai pelaksanaan upacara.

Nah, ini dia foto-fotonya…..












Ada Apa dengan Ladewa dot Com?

Hampir dua bulan tidak update blog Ladewa dot Com ternyata ada beberapa masalah aneh dengan blog tak terurus ini. Berhubung karena tak ada waktu mengurus blog jadi masalah-masalah tersebut luput dari pantauan saya, untung ada teman yang sering berkunjung ke blog ini dan menyampaikan kalau Ladewa dot com lagi ada masalah.

Masalah yang muncul kata teman saya ini setiap membuka Ladewa dot Com maka blog Ladewa dot Com muncul hanya sekejap, setelah itu langsung forward sendiri ke www.belajarngeblog.com. Setelah beberapa minggu kemudian Ladewa dot Com malah tidak bisa diakses sama sekali. Pantas saja alexa rank yang sudah mampir di bawah angka satu jutaan kembali ke angka satu juta dua ratus sekian-sekian.

Tapi sekarang begitu ada kesempatan saya meluncur ke warnet teman saya buat ngecek keadaan blog Ladewa dot Com, alhamdulillah sudah bisa diakses kembali tanpa diapa-apain. Melihat masalah ini saya sempat berpikir untuk migrasi dari Blogger ke Wordpress, namun sebelum itu saya mau cari tahu dulu apa sebenarnya yang terjadi dengan blog ini, apakah masalah platform atau kerjaan orang iseng saja. Kalau ada informasi tolong dishare di kolom komentar ya!

Surat Cinta Habibie untuk Almarhumah Ainun Habibie

Wafatnya istri tercinta merupakan kehilangan terbesar dalam kehidupan Mantan Presiden Republik Indonesia BJ. Habibie, namun itu tak membuat cinta Habibie kepada Ibu Ainun Habibie menjadi pudar. Pada hari ke-100 wafatnya ibu Ainun Habibie, Pak BJ. Habibie menuliskan surat cinta untuk menumpahkan kerinduannya kepada orang terkasihnya itu. Berikut isi surat cinta Pak Habibie untuk Almarhumah Ibu Ainun Habibie :
Ainun 100 Hari Wafat 2408 jam yang lalu Ainun diiringi do’a telah pindah dengan tenang dan damai dari “Dimensi Alam Dunia” ke “Dimensi Alam Barzah”. Hanya jika kututup kedua mataku, wajah, mata dan senyaman yang selalu memukau dan kurindukan kulihat.


Jikalau mataku kubuka lagi, semuanya serentak hilang lenyap dan meninggalkan kekosongan jiwa, kecewa, sedih dan perih!


Dengan menutup kedua mataku, dapat kuraba, kupegang tanpa menyentuh Ainun bahkan mendapat senyaman yang selalu kurindukan!


Jikalau mataku kubuka lagi, semuanya serentak hilang lenyap dan meninggalkan kekosongan jiwa, kecewa, sedih dan perih!


Dengan menutup kedua mataku, kurayu dengan kata dan nada yang kami miliki dan kenal, tetapi tetap membisu, sunyi sepi!


Dimana Ainun? Bagaimana keadaan Ainun? Bagaimana mendapat kepastian mengenai Ainun yang selalu kurindukan sepanjang masa!


Bachruddin Jusuf Habibie, 28.08.10. 06:30.

Perang Caci Maki Indonesia dan Malaysia di Internet

Saling mencaci dan memaki antara rakyat Indonesia dan Malaysia akhir-akhir ini ramai di sebuah forum di Internet, bahkan kata-kata kotor tak segan-segan mereka lontarkan seenak hati seakan-akan lupa kalau sekarang ini lagi bulan ramadhan atau mungkin memang mereka tidak perduli sedang puasa atau tidak. Judul forumnya "MALAYSIA SIAP SEDIA BERPERANG DENGAN InDONSIAL"  Bukan bermaksud mengajak sobat-sobat ikutan mencaci maki di forum ini, tapi saya hanya ingin sedikit mengutarakan uneg-uneg soal hubungan Indonesia-Malaysia yang sedang memanas saat ini.

Pasang surut hubungan Indonesia dan Malaysia sudah terjadi belasan tahun silam yang dipicu oleh perbedaan pendapat masalah batas territorial, masalah budaya, masalah tenaga kerja dan lain-lain. Namun, akhir-akhir ini hubungan dua bangsa serumpun ini semakin memanas menyusul ditahannya tiga orang petugas DKP yang sebelumnya juga merazia tujuh orang nelayan ilegal asal Malaysia yang diduga melanggar wilayah perairan Indonesia-Malaysia. Saking panasnya hubungan kedua negara hingga terdengar wacana di tengah-tengah masyarakat untuk mengganyang Malaysia dan melakukan perang dengan Malaysia yang tentu saja ditanggapi dingin oleh Pemerintah.

Pernah beberapa bulan lalu saat kejadian Kapal Perang Malaysia melakukan provokasi terhadap Kapal penjaga perbatasan milik Tentara Nasional Indonesia, beberapa media cetak Nasional membanding-bandingkan antara kekuatan militer Indonesia dan Malaysia, seakan-akan perang antara Malaysia dan Indonesia benar-benar akan segera terjadi, dengan jelas terlihat bahwa perlengkapan perang milik Tentara Malaysia sudah jauh lebih maju dibandingkan dengan peralatan perang Tentara Nasional Indonesia yang sebagian besar sudah dimakan usia, bahkan beberapa diantaranya sudah tidak dapat dioperasikan lagi.

Proses Diplomasi antara Indonesia dan Malaysia juga sudah tidak selancar biasanya, kedua negara sama-sama ngotot merasa benar dan tak ada yang bersedia minta maaf terkait kasus penangkapan tadi. Akankah perang Indonesia vs Malaysia benar-benar akan terjadi?

Perang militer antara Indonesia dan Malaysia memang belum benar-benar terjadi dan mudah-mudahan tidak akan terjadi, namun perang caci maki antara Indonesia dan Malaysia belakangan ini sudah bergolak di internet. Mau tahu panasnya suasana perang caci maki ini? langsung saja kunjungi link ini :
http://www.topix.com/forum/world/malaysia/T49VFI6878EN7BD4O/p2
Andapun bisa berkomentar dan mencaci maki sepuasnya disini, tapi dengan syarat tentu saja harus sign up dulu agar terdaftar sebagai anggota forum.

OK deh, selamat berjuang di medan perang caci maki, saya tidak ikutan ya! kan lagi puasa………

Cara PNS Menghabiskan Waktu saat Puasa Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, bulan dimana segala amalan akan dilipatgandakan berpuluh kali lipat pahalanya dibanding amalan di bulan-bulan yang lain. Di bulan Ramadhan, sebagai abdi dan pelayan masyarakat, Pegawai Negeri Sipil (PNS) dituntut untuk tetap bekerja seperti biasa walaupun sedang melaksanakan ibadah puasa.

Di waktu-waktu senggang saat aktifitas kantor berkurang, para PNS memiliki cara masing-masing untuk mengisi waktunya di saat berpuasa, begitupula di kantor tempat saya bekerja.

Berikut beberapa gambar kegiatan para PNS saat puasa :

Maen Facebook, ah... biasa



Nonton TV, lumrah..



 Main kartu, biasa nggak ya?



Capek maen kartu, tidur ahh....



Tidur Berjamaah....



Alhamdulillah.........., Belajar baca Qur'an pak??

Itulah gambaran kegiatan sehari-hari di kantor saya selama bulan Ramadhan tahun ini.....

Tiga Hari dalam Kepanikan, Akhirnya Ladewa Dot Com Kembali Normal

Ndak kenal pagi, siang, sore hingga malam hari, setiap ada waktu mesti saya sempatkan online, entah di warnet atau via modem lemotku. Itu terjadi lebih kurang tiga hari kemarin saat Ladewa Dot Com ndak bisa diakses, panik bukan main.

Pada saat pertama saat coba membuka Ladewa dot Com tapi ndak bisa, saya pikir hanya gangguan koneksi saja dan hal seperti ini memang biasa terjadi, tapi setelah beberapa kali saya coba belum bisa juga, saya mulai merasa ada yang tidak beres. Mulailah saya cari-cari informasi apa sebenarnya yang terjadi, tapi dasar blogger amatir, butuh waktu tiga hari untuk tahu penyebabnya.

Kemarin saya jalan-jalan ke warnet teman, namanya Ridho, seorang blogger juga. Kebetulan saya beli domain Ladewa dot Com atas rekomendasinya di tempat dia beli domain juga, mungkin saja dia tahu apa yang terjadi dengan blog saya. Setibanya di sana, eh malah dia nanya duluan, “gimana blognya bro, udah ketemu masalahnya?”, lho kok dia tahu blogku bermasalah. Dia kemudian mengatakan bahwa sebenarnya dia juga mengalami masalah yang sama, hanya saja dia lebih dulu ketemu sumber masalahnya.

Ternyata masalahnya sangat sederhana, sebagai blogger yang memakai layanan blogspot.com dengan menggunakan custom domain dan fasilitas gratis DNS (Domain Name Server) dari dnspark.net, ada perubahan name server yang diberitahu melalui e-mail user. Celakanya beberapa hari yang lalu saya sempat buka e-mail tapi ndak sempat baca semua, habis itu karena saya anggap semua ndak begitu penting saya hapus saja, padahal di situ ternyata ada pemberitahuan dari dnspark kalau pengguna DNS gratisan harus mengupdate name servernya dari yang semula seperti ini : ns1.dnspark.net, ns2.dnspark.net, ns3.dnspark.net, ns4.dnspark.net, ns5.dnspark.net diganti menjadi : fns1.dnspark.net dan fns2.dnspark.net. Sangat sederhana bukan? Hehee, ini sekalian pemberitahuan kalau ada diantara sobat yang mengalami masalah yang sama.

Alhamdulillah, Ladewa dot Com sudah kembali normal, sekarang saya sudah tenang dan mulai bergairah kembali menulis hal-hal sederhana dan tidak penting di blog amatiran saya ini. Walaupun blognya ngalor ngidul bin amburadul, tapi saya sangat sayang Ladewa dot Com ini, sebagai media tempat menumpahkan keluh kesah saya dan wadah berbagi suka dan duka dengan sobat-sobat yang nyasar kesini, baik yang sengaja berkunjung maupun yang betul-betul nyasar.

Menyambut Ramadhan, Saling Memaafkan Membuat Hati Tenang

Menjelang bulan Ramadhan umat Muslim di seluruh dunia pastinya sedang sibuk berbenah dan mempersiapkan fisik, jiwa serta mentalnya agar dapat melalui bulan yang lebih mulia dari seribu bulan ini untuk menjadi hamba yang lebih baik, kembali suci seperti bayi yang baru lahir. Dari sekian banyak persiapan, yang tak kalah pentingnya adalah saling memaafkan agar hati menjadi tenang dalam menjalani ibadah puasa, utamanya meminta maaf kepada kedua orang tua, saudara, keluarga, kerabat, tetangga dan paling penting kepada orang yang pernah punya masalah dengan kita atau yang pernah terluka atau sakit hati secara sengaja maupun yang tidak disengaja.

Hari ini saya lagi senang dan hati saya menjadi lebih tenang. Semalam itu saya berkunjung ke rumah salah satu kerabat yang sudah hampir setahun tidak pernah saya kunjungi, padahal jaraknya tidak sampai seratus meter dari kediaman saya. Keluarga ini dulunya sangat dekat dengan keluarga saya bahkan sudah saya anggap sebagai orangtua sendiri. Setiap ada acara di rumah pasti beliau sekeluarga hadir, begitupula sebaliknya. Tapi beberapa bulan belakangan ini hubungan kami menjadi renggang (kalau ndak mau dibilang putus) hanya karena masalah “persaingan bisnis” yang sebetulnya terjadi karena kesalahpahaman saja. Sejak masalah tersebut kami tidak pernah lagi saling berkomunikasi sama sekali (mungkin karena ego dan masing-masing merasa benar).

Sebenarnya sudah lama saya ingin memperbaiki kembali hubungan keluarga kami (mungkin mereka juga demikian) namun sepertinya tak ada yang mampu memulai atau mencari jalan untuk itu. Hingga akhirnya seorang teman (yang dekat dengan kedua keluarga ini) memberi masukan kepada saya yang membuat hati saya terbuka, terima kasih untuk itu. Menurutnya, solusi terbaik untuk masalah ini adalah “yang muda meminta maaf kepada yang tua”, walaupun tidak pernah merasa membuat salah. Dipikir-pikir betul juga kata teman saya ini, disamping itu bulan Ramadhan akan segera datang dan rasanya kurang sempurna amalan kita jika masih ada masalah di antara sesama Muslim yang mengganjal di hati. Saya akhirnya memutuskan, inilah saat yang paling tepat untuk kembali memperbaiki hubungan silaturrahmi di antara keluarga kami.

Sepulang shalat Isya semalam, saya sampaikan niat saya kepada istri saya. Walaupun awalnya dia kelihatan enggan namun setelah saya beri dua tiga patah kata-kata ‘ceramah’ sambil setengah memaksa istri saya akhirnya setuju, berangkatlah kita. Jantung saya agak berdebar, apakah mereka mau menerima kedatangan kami?, tapi tekad saya sudah terlanjur kuat. Kalaupun misalnya mereka tidak menerima kami, itu tinggal urusan mereka dan Allah, yang penting kewajiban kami untuk meminta maaf sudah kami lakukan. Tereeeengggggg………?!?!?!

Setibanya kami di sana, puji syukur Alhamdulillah, mereka menyambut kami dengan senyuman penuh kehangatan, berbincang-bincang tentang banyak hal tanpa mengungkit masalah yang lalu, dan tak lupa seperti yang dulu-dulu mereka menyuguhi kami dengan minuman dingin dari lemari es-nya yang justru membuat hati yang dingin di antara kami menjadi cair kembali. Alhamdulillah, silaturrahmi sudah terjalin kembali, bulan Ramadhan kali ini Insya Allah akan mendapatkan rahmat dan berkah, kami siap melaluinya dengan sepenuh hati, Bismillahirrahmanirrahim.

Bagaimana dengan kalian, sudahkah sobat-sobat saling memaafkan dengan orang terdekat? Kalau belum bersegeralah!!

Curahan Hati Seorang Bawahan

Memang menjadi seorang bawahan itu harus siap disuruh-suruh atau diomelin dan berani menanggung resiko makan hati setiap hari, apalagi kalau posisi kita bawahannya bawahan seperti posisi saya di tempat kerja. Bagi saya itu semua hal biasa, seperti yang terjadi sama saya kemarin.

Menjelang peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 65 seperti tahun-tahun sebelumnya semua instansi baik itu sekolah-sekolah, kantor pemerintah, perusahaan dan lain-lain sibuk berbenah menyiapkan segala sesuatunya untuk menyambut hari paling bersejarah tersebut. Di tempat kerja saya, hari itu lagi sibuk bersih-bersih, mengecat pagar, membuat hiasan-hiasan dan aneka pernak pernik agar tidak ketinggalan dengan instansi lain. Saya sebagai bawahannya bawahan tentu saja menjadi orang paling sibuk di antara yang lain. Saat pegawai lain istirahat karena sudah masuk jam makan siang, saya tetap menyibukkan diri, disamping untuk cari-cari muka juga karena saya ada rencana tidak masuk kerja untuk tiga hari kedepan. Bukannya untuk menghindari pekerjaan, tapi memang ada acara keluarga di luar daerah yang dibilang penting nggak juga, namun dibilang nggak penting tapi penting juga.

Penting, nggak penting, maksudnya? Begini, kemarin itu saat makan malam dengan istri dan mertua (waduh, jadi ketahuan kalau masih numpang di rumah mertua), bapak mertua mengajak saya untuk menemani beliau ke acara pengantin kemenakannya di luar daerah. Tempat acara pengantin ini agak jauh dari daerah tempat tinggal saya, mungkin sekitar 300 km kurang lebih, namanya kota Bantaeng, sekitar 120 km sebelah selatan kota Makassar. Sebenarnya saya pribadi kurang tertarik karena di kantor itu lagi banyak kegiatan seperti yang saya ceritakan di atas. Tapi ada dua pertimbangan yang membuat saya memutuskan untuk ikut menemani beliau. Pertama, karena saya memang belum pernah ke daerah itu, dan yang kedua, mana berani saya menolak ajakan mertua (ketahuan lagi deh kalau takut sama mertua). Itulah mengapa saya bilang ini penting nggak penting hehee…

Sampai dimana tadi? Oh iya, yang sibuk cari muka ya? hehee, jadi singkat cerita saya sengaja menyibukkan diri untuk membayar ketidakhadiran saya tiga hari kedepan. Sore hari saat semuanya siap-siap pulang, saya menuju ke ruangan atasan saya yang sebenarnya sangat saya hormati. Atasan saya ini di tempat kerja dikenal sebagai orang yang bijaksana, tidak pernah telat shalat berjamaah lima waktu di masjid dan selalu punya solusi jika ada permasalahan di kantor, pokoknya dimata teman-teman di kantor beliau adalah sosok paling sempurna sebagai atasan, namanya saya sebut saja Pak Bos.

Saat masuk ruangan Pak Bos, beliau sedang diskusi dengan salah seorang staf yang biasa dipanggil Bu Aji. Bu Aji Tersenyum ke arah saya, tapi Pak Bos sedang memelototi laptopnya. Dengan hati-hati saya mulai mengutarakan niat saya “Maaf Pak Bos, saya mau izin keluar daerah selama dua hari (padahal rencananya saya tiga hari disana), jadi mungkin mulai besok saya tidak bisa masuk kantor dulu”. Pak Bos tetap melotot ke arah laptopnya, “Ada acara apa?” Bu Aji bertanya. “Ada acara kawinan keluarga Bu Aji” Jawabku. “Boleh kan Pak?” Pintaku sama Pak Bos. Tapi Pak Bos tetap serius memandang mesra ke monitor. “Bagaimana Pak?” tanyaku lagi mulai kesal karena dicuekin, tapi tetap dengan suara yang lemah gemulai.. eh, maksudnya lemah lembut. Sepertinya memang ada yang sangat serius di Laptop Pak Bos, hingga memandang ke arah saya pun tidak dapat beliau berikan. Sambil senyum ke arah Bu Aji saya langsung ngeloyor pergi, ambil motor, tancap gas, kabuuuuuuuuurr.

Saya tidak habis pikir ya, orang yang selama ini saya anggap paling bijaksana, alim dan baik hati, hari itu membuat saya sakit hati. Kalau tidak diizinkan kan tinggal bilang tidak, kalau diizinkan tinggal kasih izin, tapi kalau diam, saya kan nggak tahu diizinkan atau tidak. Tapi karena urusan saya memang sangat penting (menyangkut hubungan mertua dan menantu) maka saya anggap saja diamnya itu berarti memberi izin, heheee.

Pro Kontra Tayangan Infotainment

Apa pendapatmu tentang infotainment? Kalau saya pribadi infotainment itu tontonan paling memuakkan, tontonan yang tidak bermanfaat dan tidak ada unsur edukasinya sama sekali, malah yang ada hanya jualan fitnah dan aib orang lain.

Dipandang dari sisi apapun infotainment tetap saja bukan sajian yang pantas untuk ditonton, apalagi jam tayangnya yang tidak kenal waktu, mulai pagi, siang, sore, hingga malam hari. Anggota Komisi I DPR RI sepakat mendukung penuh upaya Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) untuk menyensor program infotainment stasiun-stasiun televisi untuk menghindari pelanggaran etika, agama, moral, budaya, dan sosial dalam penayangannya. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), KPI, dan Dewan Pers, terpaksa mengambil kesepakatan itu untuk menghindari maraknya program infotainment yang merusak moral anak bangsa. Malah terkesan oleh beberapa pihak, ada tayangan yang seperti hasil rekayasa semata, atau hanya untuk mengejar target-target komersial tertentu, karena tidak bisa dipungkiri infotainment merupakan salah satu lahan penghasilan stasiun-stasiun tivi terbesar karena memiliki ranking yang tinggi di antara program-program lainnya.

Ada beberapa pihak yang mengusulkan agar program infotainment harus melalui lembaga sensor film. Ini dilakukan untuk menjaga agar program infotainment tidak melanggar hal-hal yang sudah diatur oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) disamping karena program tersebut sudah mendapat berbagai macam protes keras dari masyarakat belakangan ini. Komisi Penyiaran Indonesia menyatakan kebijakan menempatkan infotainment sebagai nonfaktual alias bukan pers sudah mengikat. Soalnya, kebijakan itu diambil dalam rapat kerja dengan Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Pers. Sebagai tayangan nonfactual, infotainment nantinya masuk kategori hiburan. Kalau hiburan, nanti harus melalui sensor tapi bukan KPI yang melakukan, melainkan Lembaga Sensor Film.

Dari data pengaduan masyarakat ke Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) hampir sepertiga (32,18 persen) pengaduan kepada tayangan infotainment. Jumlah tersebut mencakup sekitar 200 dari total 637 pengaduan hingga bulan Juni 2010.

Memang usulan untuk menyensor tayangan infotainment ini masih menjadi pro kontra di tengah-tengah masyarakat, karena tentu saja dari tayangan infotainment ada pihak yang mendapatkan keuntungan, seperti pihak stasiun tivi, artis yang baru menapaki karir yang tentu butuh media untuk mempublikasikan diri, tetapi apapun itu tontonan ini tetap kurang bahkan tidak bermanfaat sama sekali untuk dikonsumsi publik. Lihat saja berita-berita yang ditayangkan infotainment, yang ada hanya berita perceraian, perselingkuhan, kasus video mesum yang ujung-ujungnya hanya mengekspos aib seseorang. Jadi dimana manfaatnya untuk masyarakat menurut anda?

Bingung diantara Wordpress dan Joomla

Saatnya curhat lagi….! Begini, saya baru saja beli domain dengan hostingnya yang rencananya membuat satu blog lagi, tapi kali ini berengine Wordpress. Blog baru ini nantinya ingin saya buat semacam blog forum/komunitas, bisa tidak ya di Wordpress? Tapi beberapa teman bilang ke saya, kalau mau membuat blog semacam itu bagusnya pakai CMS dari Joomla, nah inilah yang jadi masalah hingga domain baru saya ini belum saya apa-apain.

Saya ini amatiran dalam dunia per-blog-an, jangankan Wordpress, Blogspot saja saya kadang-kadang masih bingung utak-atiknya, apalagi Joomla. Tapi walaupun amatiran, saya termasuk tipe orang yang senang belajar hal-hal baru. Joomla ini adalah istilah yang betul-betul masih baru dalam kamus saya, jadi akhir-akhir ini saya rajin blogwalking ke blog-blog dengan CMS Joomla.
Dari beberapa referensi yang saya baca antara Wordpress dan Joomla beberapa perbedaan mendasar di antara keduanya adalah seperti berikut :
  • Dalam hal SEO kedua CMS ini mempunyai kelebihan masing-masing. Jomla memerlukan setting tertentu untuk menaikkan SEO seperti menambah tags, merubah URL, sitemap dan ping. Untuk kalangan webmaster hal ini mungkin bukan hambatan, tapi bagi blogger newbie seperti blogger amatiran ini, hal ini jelas merupakan suatu tantangan bahkan mungkin hambatan. Sedangkan pada wordpress hal-hal yang berhubungan dengan SEO sudah tersedia kecuali sitemap, namun sitemap dapat diinstal dengan mudah.
  • Dalam hal design themes Joomla lebih unggul dibandingkan dengan Wordpress yang lebih mengutamakan penghematan memory hosting, sepertinya dalam hal ini Wordpress lebih cocok buat blog amatiran ini yang perlu menghemat space karena cuma mampu beli hosting dengan space kecil.
  • Untuk masalah plugin kedua CMS ini menurut mereka tidak ada masalah karena para pengembang masing-masing sudah menyiapkan, tinggal didownload saja secara gratis, yang membedakan hanya cara penginstalannya saja. Kalau yang ini sepertinya blog amatiran ini tidak ada masalah.
  • Tingkat kesulitan di antara kedua CMS ini, Joomla sedikit lebih ribet dibanding Wordpress, menurut mereka hal ini akan ditemui ketika akan membuat postingan, Module (Joomla) dan Widget (Wordpress), Categories di Wordpress lebih mudah dipahami karena sudah support Bahasa Indonesia, dan lain-lain. Inilah yang membuatku masih ragu menggunakan Joomla, tingkat kesulitannya itu lho.
  • Salah satu kelebihan Joomla (lagi-lagi kata mereka) adalah komponen Forum terintegrasi langsung dengan Joomla itu sendiri, sehingga antara forum dan blog dapat menyatu, sedangkan di Wordpress Forum dan Blog harus dipisahkan walaupun tetap bisa dalam satu database. Inilah hal penting yang membuat saya tertarik menggunakan Joomla ini.
Dari beberapa perbedaan di atas, untuk blogger amatiran seperti saya ini sepertinya lebih cocok menggunakan Wordpress walaupun sebenarnya saya sangat tertarik juga dengan kelebihan-kelebihan Joomla di atas. Bingung!!!..... ada saran?

Ariel Bakal Segera Bebas dari Tuduhan Penyebar Video Mesum

Lagi-lagi nih dengan sangat terpaksa ditambah dengan mandegnya ide buat menulis, akhirnya saya putuskan untuk kembali mengulas berita yang sebenarnya sudah sangat membosankan bagi saya. Tapi karena berita ini terus memanas dan makin heboh di media maka apa boleh buat, saya posting kembali, tapi kali ini kabarnya Ariel Peterpan bakal segera bebas dari tuduhan penyebaran video mesumnya bersama Luna Maya dan Cut Tari.

Pelan tapi pasti pelaku penyebaran video porno artis Ariel Peterpan vs Luna Maya dan Cut Tari mulai terkuak. Adalah Reza Rizaldy alias RJ atau Redjoy yang merupakan rekan kerja grup musik Peterpan diduga mengunduh dan menyebarkan secara sengaja video mesum Ariel Peterpan vs Luna Maya dan Cut Tari. Hal ini memunculkan persepsi bahwa ariel bakal segera bebas dari tuduhan penyebaran video mesumnya karena tersangka penyebar video tersebut mulai terungkap.

Redjoy adalah seorang sound engineering alias tukang mixing-nya manajemen band Peterpan yang kabarnya lagi nih punya masalah pribadi dengan Ariel, hingga Redjoy nekad menyebarkan video mesum yang diunduhnya dari laptop pribadi Ariel tanpa sepengetahuan empunya. Redjoy kini sudah jadi tersangka dengan tuduhan penyebar pertama video mesum Ariel versus Luna Maya dan Cut Tari di internet.

Ya, mudah-mudahan kasus ini cepat selesai dan mudah-mudahan pula ini merupakan postingan terakhir saya tentang kasus video porno Ariel versus Luna Maya dan Cut Tari. Tapi nggak janji lho, kalau ada perkembangan terbaru lagi dan ide menulis masih mandeg ya apa mau dikatalah, blog amatiran ini kan buat bagi-bagi ilmu dan informasi, tapi karena ilmunya masih dangkal ya berbagi informasi adalah pilihan paling tepat.

Hal-hal yang Diperbolehkan dan Dilarang dalam Proses SEO

Para blogger mempunyai berbagai macam cara dalam melakukan optimasi blog, namun tidak semua cara bisa ditolerir oleh search engine dalam proses SEO ini. Dari berbagai sumber atau referensi saya dalam belajar SEO saya coba simpulkan hal-hal yang diperbolehkan dan dilarang dalam melakukan proses SEO, sebagai berikut :

Hal yang diperbolehkan dalam SEO :
  1. Membuat keyword (kata kunci) yang optimal di blog, namun harus hati-hati dalam arti jangan terlalu sering sehingga tidak enak dibaca, buatlah dengan intensitas yang terbatas agar tidak dianggap sebagai spamming.
  2. Memberikan link ke blog atau website lain khususnya yang relevan dengan blog kita.
  3. Memodifikasi meta tag
  4. Update konten secara teratur, khusus yang ini sebaiknya update minimal 2-3 kali seminggu. Kalau bisa lebih baiknya lagi satu artikel tiap hari, pengalaman saya saat blog belum sebulan saya membuat artikel setiap hari, tapi lama-lama mulai kewalahan. Tapi yang 2-3 kali seminggu masih bisa saya pertahankan sampai saat ini.
  5. Melakukan submit di situs atau layanan pihak ketiga.
  6. Kalau masih kurang, silahkan tambahkan tipsnya di bawah heheee…….
Hal yang dilarang dalam proses SEO :
  1. Melakukan register/submission secara berulangkali di search engine untuk memaksa search engine mendeteksi blog kita.
  2. Berusaha mengalakali search engine dengan menggunakan kata kunci tersembunyi, hati-hati blog sobat bisa dibanned google lho kalau ketahuan.
  3. Membuat link buatan dari situs yang tak berkaitan dengan situs sobat yang bertujuan meningkatkan ranking. Ini biasa dilakukan spammer (cailah, sok british…) yang bisa membuat ratusan atau bahkan ribuan link dalam waktu singkat menggunakan berbagai macam cara. Kalau cara ini dalam bahasa blogger (sorry ya istilah british lagi nih…) biasa disebut link farm.
  4. Sepertinya masih banyak yang kurang, silahkan tambahkan di komentar…..
Dari kesimpulan versi blogger amatiran di atas, silahkan pilih. Mau pake cara halal (diperbolehkan) atau yang dilarang, tapi resiko tanggung sendiri. Intinya bersabar saja menikmati proses SEO, pelan-pelan saja dan jangan terburu-buru karena kata orang umur domain juga mempengaruhi popularitas blog kita di mata search engine, asalkan rajin update blog dan domain sudah cukup umur saya yakin semuanya akan happy ending. So, mari kita nikmati saja Proses SEO berjalan apa adanya.

Akibat Nonton Piala Dunia, Pejabat dan Menteri Tertidur saat Rapat Paripurna

Semalam nonton Metro TV sambil tertawa terpingkal-pingkal, ada-ada saja berita yang diangkat METRO TV ini. Para pejabat dan menteri mengantuk dan sebagian tertidur saat mengikuti rapat paripurna bersama Presiden SBY akibat semalaman nonton bareng Final Piala Dunia 2010 di Cikeas Bogor. Karena koneksi internet saya lambat jadi nggak bisa upload videonya, sebagai gantinya saya upload gambarnya saja.

Presiden Republik Indonesia Bapak SBY kali ini mungkin tidak bisa menegur para menterinya dan para pejabat yang mengantuk, karena Bapak SBY sendirilah yang menggelar acara nonton bareng Final Piala Dunia yang mempertemukan Spanyol versus Belanda ini. Akibatnya para menteri dan pejabat negara yang mengikuti rapat mengantuk hingga tertidur saat rapat digelar. Kejadian unik ini terjadi saat peserta rapat mendengarkan penjelasan Ketua UKP 4 Kuntoro Mangkusubroto.

Pules banget Pak!

Ini tidur apa lagi berdoa ya?


Mestinya tadi berangkat pake kacamata item..hehe..

Tidurnya aja kompak sama Ibu, keluarga harmonis?!?!


Tahan Pak! Entar lagi kelar kok..


Pura-pura mikir..

Kok tidur sih, dilihat Pak SBY tuh!!

Pejabat yang terlihat mengantuk dan tertidur diantaranya Bapak Kapolri Bambang Hendarso Danuri, Menpora Andi Alfian Mallarangeng, Menkokesra Agung Laksono, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro dan beberapa pejabat lainnya. Malah Jaksa Agung Hendarman Supandji datang terlambat mengikuti rapat ini, juga diduga akibat habis nonton Final Piala Dunia.

Update Artikel Blog Otomatis di Facebook

Salah satu sarana mempromosikan blog atau website adalah Facebook. Kebetulan saya baru saja ketemu cara update artikel blog otomatis di facebook, jadi setiap kita membuat artikel baru di blog kita secara otomatis akan tampil di facebook. Berikut langkah-langkahnya :

Silahkan login ke Facebook dan langsung klik profile :


Selanjutnya lihat di bagian kanan di bawah menu, klik pilihan :


Langkah berikutnya klik pengaturan :


Beberapa pilihan akan muncul, pilih Blog/RSS :


Sampai disini, silahkan masukkan URL feed blog sobat, kemudian klik pembaruan :

Setelah URL blog sobat terpasang, maka setiap posting artikel baru di blog akan tampil otomatis di akun Facebook sobat, selamat mencoba...

Luna Maya dan Cut Tari jadi Tersangka Kasus Video Mesum

Sebenarnya udah malas bahas yang ini, tapi karena ada perkembangan baru ya mau tidak mau harus post lagi biar tetap uptodate. Perkembangan terbaru soal kasus video mesum antara Ariel, Luna Maya dan Cut Tari memasuki babak baru.

Tanggal 8 Juni kemarin pengakuan para aktor dan aktris video mesum Ariel Peterpan, Luna Maya dan Cut Tari di beberapa media memuaskan dahaga para penikmat infotainment. Setelah sebelumnya Ariel Peterpan mengakui kalau pemeran dan pembuat video mesum tersebut adalah dirinya, kini giliran Cut Tari yang didamping pengacaranya Hotman Paris Hutapeyang Hutapea dan suaminya Johannes Jusuf Soebrata menggelar jumpa pers di hadapan para wartawan. Walaupun sebenarnya tidak secara terang-terangan mengakui kalau pemeran video itu adalah dirinya, namun dari ucapannya sudah menggambarkan pengakuan itu sendiri. Dalam jumpa persnya, Cut Tari memohon maaf atas nama keluarga dan pribadi kepada masyarakat yang diresahkan dengan pemberitaan video mesumnya yang beredar sudah kurang lebih satu bulan lamanya. Tak lupa juga ia meminta maaf kepada suaminya yang kelihatan setia terus mendampinginya selama proses pemeriksaan di Bareskrim.

Lain halnya dengan Luna Maya, dalam pertemuannya dengan beberapa wartawan tak sedikitpun terbersit nada pengakuan dari kalimatnya, ia hanya memohon maaf atas keresahan masyarakat soal video mesum yang ia perankan bersama Ariel dan Cut Tari. Dipertegas lagi oleh pengacaranya, bahwa Luna Maya hanya meminta maaf dan sama sekali tidak membuat pengakuan dirinya sebagai pelaku video mesum tersebut, walaupun sebenarnya tanpa pengakuanpun seluruh dunia sudah tahu, nampaknya Cut Tari dalam hal kejujuran ini sedikit lebih baik dari Luna Maya.

Meskipun sudah mengakui dan meminta maaf kepada masyarakat, namun pihak kepolisian tetap tak terpengaruh dan menaikkan status keduanya dari saksi menjadi tersangka. Selanjutnya? Kita lihat saja perkembangannya, apakah para pemeran video mesum ini akan dipenjarakan ataukah akan divonis bebas mengingat undang-undang pornografi menurut Hotman Paris Hutapeyang Hutapea hanya mengancam pidana kepada pelaku penyebaran video mesum tersebut, bukan pembuat ataupun pemeran dalam video tersebut.

Numpang Ngoceh Soal Pengadaan Senjata Api untuk Satpol PP

Anggota Satpol PP bersenjata? Wah, sepertinya persoalan ini bakal menjadi kontroversi di negeri kita. Seperti yang akhir-akhir ini diberitakan di berbagai media bahwa Pemerintah Kota DKI Jakarta berencana mempersenjatai anggota Satpol PP mereka, bahkan aturan mengenai pengadaan senjata untuk Satuan Polisi Pamong Praja ini sudah dituangkan dalam Peraturan Menteri No. 26 Tahun 2010. Dulu waktu jaman Orde Baru kita mengenal istilah ABRI (Angkatan Bersenjata Republik Indonesia) yang terdiri dari Angkatan Darat, Angkatan Udara, Angkatan Laut dan Polri. Kalau ditambah lagi dengan Satpol PP berarti bakalan ada lima angkatan bersenjata di negeri kita ini.

Apa sih sebenarnya tugas utama Satpol PP ini?, inilah yang menjadi persoalan sekarang. Setahu saya sebagai Sosiolog Amatiran, Satpol itu bertugas mengayomi masyarakat dan mengurusi masalah ketertiban dalam pemerintahan daerah, dimana dalam hal penertiban ini pastinya yang dihadapi ya, masyarakat itu sendiri. Terus apa untungnya Satpol PP dipersenjatai? Senjata ini nantinya digunakan untuk menghadapi siapa? Apakah untuk menembaki masyarakat yang melawan ketertiban atau melanggar peraturan daerah?. Aya-aya wae? Heheee….

Bahkan beberapa orang penting di negara ini seperti anggota DPR, tokoh-tokoh bangsa (nama tidak disebut karena saya lupa ) mempertanyakan rencana pengadaan senjata api buat Satpol PP ini, bahkan sebagian diantaranya menuding kalau pengadaan Senpi (senjata api) untuk Satpol PP ada unsur bisnis. Itu kata mereka lho, bukan saya yang bilang. Bagaimana kita rakyat biasa yang kadang berhadapan langsung dengan Satpol PP,  tentu sangat tidak setuju dengan kebijakan pemerintah ini.

Bisa kita bayangkan bagaimana jadinya nanti kalau benar-benar ini diterapkan, bersenjata pentungan saja kebanyakan oknum Satpol PP sudah terlihat sok galak alias arogan, apalagi kalau sudah memegang senjata, weleh-weleh, polisi saja harus melalui seleksi ketat untuk memiliki senjata api karena terjadinya beberapa kasus asal nembak, lalu mengapa Satpol PP yang notabene pamong masyarakat dipersenjatai pula?, tanpa senjatapun mereka sudah beringas saat penertiban kios misalnya, eksekusi tanah dan lain sebagainya. Jadi, ayolah bapak-bapak di pemerintahan, coba dipikir-pikir kembali….